Pages

Blogroll

Blogger news

Minggu, 30 Desember 2012

Grafik - Matriks

Pembahasan SKL Bahasa Indonesia.
Kompetensi : Membaca berbagai informasi tertulis dalam konteks bermasyarakat dan berbagai bentuk teks.
Indikator : Menentukan isi grafik/matriks.

Grafik adalah lukisan pasasng surut suatu keadaan dengan garis natau gambar (tentang turun naiknya hasil statistik dan lain sebagainya). Bentuk grafik bermacam-macam, diantaranya adalah grafik garis, grafik lingaran, dan grafik batang.

Matriks adalah tabel yang disusun dalam lajur dan jajaran sehingga butir-butir uraian dapat dibaca dari atas kebawah dan dari kiri ke kanan.

Cara membaca grafik, matriks, dan teks non verbal :
1. Bacalah judulnya, karena judul ini memberikan ringkasan yang padat tentang informasi yang akan disampakan
2. Bacalah informasi yang ada diatas, dibawah, atau disisinya, karena informasi yang ada merupakan kunci penjelas tentang meteri yang disajikan.
3. Ajukan pertanyaan tentang tujuan teks non verbal tersebut.
4. Membacanya secara menyeluruh, dapatkan keterangannya dalam informasi yang disajikan disana.

0 komentar:

Poskan Komentar

Mengenai Saya

Foto Saya
Aku adalah seorang remaja, yah, hanya seorang remaja,, seorang biasa, bukan siapa - siapa, tp memilki semngat yg luar biasa utk mnjadi siapa - siapa, dgn segala daya & upaya, tuk menggapai cita - cita, tanpa mengenal lelah.. Aku bukan orang yg pintar, malahan jauh dr kata pintar, tp justru hal itulah yg ngbikin Aku utk belajar lebih giat, belajar tentang apapun yg bisa Aku pelajarin selagi bisa, karena Aku yakin, dgn bekal ilmu, hidup ini akan jauh lebih bermakna.. Aku bukan seorang yg hebat yg bisa melakukan banyak hal, tetapi yg terpenting Aku slalu mencoba bisa melakukan banyak hal yg tentunya mendatangkan banyak manfaat baik bagi diri Aku sendiri ataupun bagi banyak orang selagi Aku bisa, karena Aku yakin bahwa kita semua dilahirkan karena kita memiliki tugas mulia untuk melakukan perubahan, satu hal yg sangat mungkin menurut Aku kalo kita ingin mencapai suatu impian yg besar adalah dengan membaginya menjadi kepingan - kepingan puzzle, dan tugas kita berikutnya adalah menyusun puzzle2 itu...
 

About