Pages

Blogroll

Blogger news

Senin, 07 Januari 2013

Sinonim, Antonim, dan sekawannya


Pembahasan SKL Bahasa Indonesia.
Kompetensi : Membaca berbagai informasi tertulis dalam konteks bermasyarakat dan berbagai bentuk teks.
Indikator : Menentukan kata baku/tidak baku, kata bersinonim/berantonim, kata bermakna konotasi, kata bermakna proses/hasil, dan perubahan makna kata.

Bahasa baku:
- Merupakan salah satu ragam bahasa
- tercermin penggunaan kaidah yang benar
- menjadi acuan atau model oleh masyarakat pemakai bahasa
- digunakan dalam situasi resmi

Kata baku adalah kata yang ditulis dan diucapkan sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia, yang berfungsi sebagai pemersatu, penambah wibawa, penanda kepribadian, dan kerangka acuan.

Sinonim adalah suatu kata yang memiliki bentuk berbeda namun memiliki arti atau pengertian yang sama. Sinonom disebut juga dengan persamaan kata.

Antonim adalah suatu kata yang artinya berlawanan satu sama lain. Antonim disebut juga dengan lawan kata.

Konotasi adalah suatu makna kata yang telah mengalami penambahhan / maknan kiasan (subyektif)

Proses Hasil
Kata berimbuhan ke-an sering digunakan untuk menandai informasi proses, dan kata berakhiran -an sering dipakai untuk menandai hasil. Akan tetapi dalam retorika mungkin saja hasil dikemukakan lebih  dulu dan proses menyusul.

Jenis perubahan makna kata:
1. Generalisasi (perluasan makna kata)
2. Spesialisasi (penyempitan makna kata)
3. Perubahan secara total
4. Ameliorasi (perubahan baik makna kata)
5. Peyorasi (perubahan buruk makna kata)
6. Sinestesia (Perubahan dua indera yang berlainan)
7. Asosiatif (persamaan kata sifat)

0 komentar:

Poskan Komentar

Mengenai Saya

Foto Saya
Aku adalah seorang remaja, yah, hanya seorang remaja,, seorang biasa, bukan siapa - siapa, tp memilki semngat yg luar biasa utk mnjadi siapa - siapa, dgn segala daya & upaya, tuk menggapai cita - cita, tanpa mengenal lelah.. Aku bukan orang yg pintar, malahan jauh dr kata pintar, tp justru hal itulah yg ngbikin Aku utk belajar lebih giat, belajar tentang apapun yg bisa Aku pelajarin selagi bisa, karena Aku yakin, dgn bekal ilmu, hidup ini akan jauh lebih bermakna.. Aku bukan seorang yg hebat yg bisa melakukan banyak hal, tetapi yg terpenting Aku slalu mencoba bisa melakukan banyak hal yg tentunya mendatangkan banyak manfaat baik bagi diri Aku sendiri ataupun bagi banyak orang selagi Aku bisa, karena Aku yakin bahwa kita semua dilahirkan karena kita memiliki tugas mulia untuk melakukan perubahan, satu hal yg sangat mungkin menurut Aku kalo kita ingin mencapai suatu impian yg besar adalah dengan membaginya menjadi kepingan - kepingan puzzle, dan tugas kita berikutnya adalah menyusun puzzle2 itu...
 

About