24 / 365 - Notes as Company Content Creator

Disclaimer : Dibuat seolah olah mengeluh, tapi sebenarnya sedang mensyukuri nikmat-Nya yang sungguh luar biasa diluar nalar baiknya.

Terjebak dalam pekerjaan Content Creator. 

Kini aku tidak lagi merasa salah jurusan, sesuai dengan domain judul ini, ada kata SMK di dalamnya. Iya, aku tamatan SMK lebih tepatnya program studi Multimedia. Ehehe, sungguh sangat linear bukan? Multimedia mengajarkan ku basic Design, Editing Video, Audio, dan juga Website Management (kalau ngga salah ingat). Dan bahkan aku cek di website sekolahku, program studi Multimedia ini sudah nggak ada lagi. Tergantikan oleh Desain Komunikasi Visual dan Teknik Penyiaran (Broadcasting). Sedih nggak tuh?

Iya, aku memulai per Content Creator an ini baru di 2020, sedang aku tamat di 2013. 17 tahun berlalu. Tapi ilmu yang ku dapat ketika SMK secara terpaksa harus di callback agar lancar menjalani pekerjaan ini. Awalnya aku nggak ada niat untuk jadi Content Creator, hanya saja ketika pandemi terjadilah reshuffle hampir di semua perusahaan bukan? Termasuk di perusahaan tempat saya menaung. Mulai dari bantu-bantu, jadi keterusan jadi mainjob. 

Oh iya, Content Creator disini, bukan yang ada disosial media, bikin konten upload, review dan ah yaa itulah. Disini tugasku lebih ke setting bagaimana konten bisa mendukung program marketing & penjualan. Sebenarnya disini, masih ada hubungannya dengan Digital Marketing sih ya. Digital Marketing sebagai satu divisi yang didalamnya terdapat konten kreator, manajemen iklan, manajemen sosial media, dan lain sebagainya. Konten yang aku create disini bisa grafis, video, copywriting, dan juga artikel. Aku dituntut untuk paham Search Engine Optimization juga loh. Banyak macamnya.

Tugas yang biasa ku lakukan adalah merancang konten sebagai supporting item untuk meciptakan Sales di perusahaan. Setelah dirancang dan dibuat sedemikian rupa di telaah lagi apakah konten sudah sesuai dan linear dengan brand image, dan juga stretegi marketing. Jika iya maka akan naik ke tim sosial media, nah disanalah akan terjadi interaksi dari brand user.

Ahaha, bagaimana? Tertarik mengikuti jejakku menjadi "Company Content Creator"?

Comments

Popular posts from this blog

Petunjuk Kerja

Sinonim, Antonim, dan sekawannya

Gagasan Pokok, Simpulan, Makna Istilah, Kalimat Penjelas